Oracle Advanced Supply
Chain Planning (ASCP)
Oracle
Advanced Supply Chain Planning (ASCP)) adalah suatu sistem yang mengacu pada
perencanaan, mengelola masalah-masalah bisnis dan menyeimbangkan penawaran dan
permintaan. Oracle Advanced Supply Chain Planning (ASCP) menyediakan jaringan perencanaan
memberikan gambaran yang jelas dan kemudahan dalam pengambilan keputusan
mengenai kapan dan di mana persediaan diperlukan, dan cara yang paling efisien untuk
mengelola inventaris, pesanan pembelian dan pesanan yang berjalan. Hal itu
menjelaskan apa yang dibutuhkan secara langsung (saat ini) dan apa yang harus disediakan
untuk waktu mendatang.
Fungsi utama dari Oracle Advanced Supply
Chain Planning
Advanced
Supply Chain Planning (ASCP) mengajak
Anda dalam pengambilan keputusan dengan tepat dimana dari awal hingga akhir
suatu proses management dengan menggunakan rencana tunggal. Proses memulai
ketika mulai merasakan adanya permintaan kemudian dipertimbangkan antara
perencanaan permintaan yang diinginkan market dengan keadaan permintaan yg
sebenarnya sampai ke tahap menanggapi permintaan saat realisasi. Advanced Supply Chain
Planning (ASCP), mencakup semua
perusahaan manufaktur dan distribusi sehingga lebih mudah untuk merencanakan
semua management organisasi/perusahaan yang diperlukan. Fungsi utama yang
ditawarkan oleh Advanced Supply Chain Planning (ASCP) adalah sebagai berikut:
- Advanced Supply Chain Planning (ASCP) menyediakan jaringan perencanaan dimana kita dapat mencapai demand-driven perencanaan serta mengurangi risiko dan ancaman yang timbul dalam proses perencanaan.
- Advanced Supply Chain Planning (ASCP) sudah terintegrasi, sehingga menyediakan tingkat optimal perencanaan suatu sistem manajemen, yang akhirnya memberikan keunggulan dalam proses supply chain management.
- Advanced Supply Chain Planning (ASCP) berbasis pada pengolahan data analitis. Sehingga memberikan kesan real-time pada permintaan dan kita dapat menanggapi permintaan dalam waktu cepat karena holistik menyediakan perencanaan tersedia.
- Dengan Advanced Supply Chain Planning (ASCP), anda dapat menciptakan berbagai jenis rencana yang tidak terbatas, rencana Constrained (concern ke kendala kapasitas, menuntut ketepatan waktu, keputusan suatu aturan, dll), dan mengoptimalkan rencana.
- Dapat menerima pesan alur kerja yang dihasilkan dan peringatan pemberitahuan atas suatu aturan yang sedang berjalan.
- Advanced Supply Chain Planning (ASCP) disimpan dalam suatu data storage yang mudah untuk diakses menggunakan web browser sehingga dapat diakses di berbagai tempat dan dalam waktu yang bersamaan.
- Advanced Supply Chain Planning (ASCP) menyediakan berbagai kemudahaan untuk para perencana untuk membuat, menganalisis, mengubah, menerbitkan, dan mengubah rencana mereka pada waktu yang sama.
Desain Advanced Supply Chain Planning (ASCP)
Advanced Supply Chain Planning (ASCP) sangat efisien untuk diintegrasikan dengan Oracle E-Business Suite seperti pada sistem yang sudah ada sebelumnya. Data yang ditransfer menggunakan XML ke Oracle ASCP. Dalam Oracle ASCP, ada alur kerja dan indikator kinerja kunci, dan rencana yang diatur, menggunakan perencanaan yang tepat dan dapat berlangsung. Pengguna, pelanggan, dan pemasok dapat berinteraksi menggunakan login ID mereka masing-masing.
Integration of
Oracle Advanced Supply Chain Planning
Integration with
Oracle Demand Management
Integration with
Oracle Project manufacturing
Integration with
Oracle Demand Management
Mengenai Ringkasan E-Book Oracle E Business Suite Supply Chain Management, Chapter 3 Oracle Advanced Supply Chain Planning (ASCP) Untuk lebih jelas nya dapat di download pada link berikut ini :
Dropbox ERP (Word & Pdf)
Advanced
Supply Chain Planning (ASCP) dirancang dan disusun untuk memenuhi tuntutan
kompleks dalam suatu waktu dan memberikan kinerja tinggi serta performa dalam segi
sebagai berikut :
- Proses yang berbasis pada alokasi suatu data/memory
- Material
- Pembuatan Alur
- Penyediaan Backup dan recovery data
- Memudahkan integrasi data dengan menggunakan Oracle E-Business Suite
- Integrasi dengan sistem legacy (integrasi data dengan keadaan sistem yang sebelumnya )
- Memudahkan mengakses database dimana saja dan kapan saja
Advanced Supply Chain Planning (ASCP) sangat efisien untuk diintegrasikan dengan Oracle E-Business Suite seperti pada sistem yang sudah ada sebelumnya. Data yang ditransfer menggunakan XML ke Oracle ASCP. Dalam Oracle ASCP, ada alur kerja dan indikator kinerja kunci, dan rencana yang diatur, menggunakan perencanaan yang tepat dan dapat berlangsung. Pengguna, pelanggan, dan pemasok dapat berinteraksi menggunakan login ID mereka masing-masing.
Advanced
Supply Chain Planning (ASCP) MEMILIKI jaringan
perencanaan proses di mana informasi mengalir dalam Advanced Supply Chain
Planning (ASCP) dengan
rincian fase sebagai berikut:
Proses dimulai dengan penciptaan rencana baru dan berakhir pada implementasi pada contoh sumber yang direkomendasikan oleh pembuat rencana. Pada awalnya, rencana baru dibuat dalam Oracle ASCP yang berisi informasi yang cocok dengan bisnis. Rencana ini baru dibuat kemudian dicoba (kayak semacam ada trial nya gitu. Itu nalar aku hehe). Dalam tahap berikutnya, penyesuaian yang direkomendasikan olehpembuat rencana, dianalisa pada trial yang sudah dibuat, terus kalo udah berhasil (sesuai dengan permintaan) baru bener2 diterapkan pada suatu sistem management. Pembuatan rencana dalam fase ini, dibuat sesuai dengan kebutuhan bisnis dan persyaratan dari perusahaan, perusahaan akan memilih rencana yang menyerupai lingkungan kerja kami. Rencana dapat terdiri dari jumlah maksimum persediaan, posisi saham dalam persediaan, ketepatan deadline pengiriman.
Proses dimulai dengan penciptaan rencana baru dan berakhir pada implementasi pada contoh sumber yang direkomendasikan oleh pembuat rencana. Pada awalnya, rencana baru dibuat dalam Oracle ASCP yang berisi informasi yang cocok dengan bisnis. Rencana ini baru dibuat kemudian dicoba (kayak semacam ada trial nya gitu. Itu nalar aku hehe). Dalam tahap berikutnya, penyesuaian yang direkomendasikan olehpembuat rencana, dianalisa pada trial yang sudah dibuat, terus kalo udah berhasil (sesuai dengan permintaan) baru bener2 diterapkan pada suatu sistem management. Pembuatan rencana dalam fase ini, dibuat sesuai dengan kebutuhan bisnis dan persyaratan dari perusahaan, perusahaan akan memilih rencana yang menyerupai lingkungan kerja kami. Rencana dapat terdiri dari jumlah maksimum persediaan, posisi saham dalam persediaan, ketepatan deadline pengiriman.
Peluncuran Rencana Terbaru
Pada fase ini perusahaan anda akan menerbitkan rencana yang baru dibuat
sehingga rencana sudah tersedia dalam perencana sistem kerja (workbench) dan
kita dapat melakukan analisis serta penyesuaian hasil berdasarkan rencana yang
dibuat. Setelah rencana yang diluncurkan berjalan, akan ada evaluasi dan
permintaan pengubahan beberapa sistem berdasarkan hasil dari rencana yang
sedang berjalan.
Analisis
dan penyesuaian
Kita akan
mendapatkan rekomendasi atas suatu rencana dan diharuskan adanya analisa
berdasarkan indikator kinerja kunci yang ditetapkan. berdasarkan rekomendasi
dari rencana, kita akan membuat penyesuaian untuk mencapai hasil maksimal dari
rekomendasi yang diusulkan, jika sudah, usulan tersebut akan dijalankan dalam
semacam sistem simulasi
Pelaksanaan analisis
Pada fase
ini perusahaan akan membuat perubahan yang sebenarnya dalam data transaksi
untuk menentukan proses yang akurat dan optimal. Sebagai contoh, modifikasi
dari aturan sumber, perubahan pesanan dan pembatalan pesanan, perubahan dalam
persediaan menurut saran, dan simulasi yang ada pada point analisan dan
penyesuaian.
ASCP menyediakan berbagai jenis
perencanaan yang dapat dilakukan untuk berbagai jenis usaha, baik untuk perusahaan manufaktur atau distribusi.
Jika perusahaan
kamu adalah perusahaan manufaktur dan distribusi pada saat yang sama dapat
melakukan perencanaan untuk organisasi Anda menggunakan Oracle ASCP.
Jenis yang dapat digunakan :
- Material Requirements Planning (MRP) and Master Production Scheduling (MPS) sering digunakan untuk manufaktur, dimana kita dapat mempersingkat jadwal produksi kami.
- Distribution Plans (DRP) digunakan untuk perusahaan distribusi. Rencana ini didorong oleh produksi rencana penjadwalan dan rencana kebutuhan material.
ASCP
terintegrasi dengan modul Oracle E-Business Suite yang berbeda. Seperti yang
kita tahu mesin perencanaan memerlukan informasi yang terkait dengan Penawaran
dan permintaan dari perusahaan pelanggan. Untuk menghasilkan sebuah rencana yang
optimal, ASCP menerima informasi mulai dari pesanan pembelian tagihan bahan,
sumber daya, pesanan yang sedang berjalan, dan order penjualan dari pembelian,
persediaan, manajemen Order.
ASCP
terintegrasi dengan Oracle proses manufaktur dan memberlakukan waktu antara dua
proses. Kendala waktu operasi dapat diatur antara dua operasi sementara
beberapa operasi dapat dijalankan pada waktu yang bersamaan
Menggunakan
ASCP, perusahaan dapat merencanakan bahan baku dan produk jadi dengan cara yang
efisien.
Mengintegrasikan
Oracle ASCP dengan Oracle Project Manufacturing dapat merencanakan persediaan
perusahaan sampai ke penawaran perusahaan. Ini
dapat dicapai dengan segmentasi Penawaran dan permintaan oleh suatu usaha. Perusahaan
dapat melaksanakan rencana yang diusulkan ke pelanggan berdasarkan group-wise
(semacam kesepakatan). Perusahaan dapat mengoperasikan rencana rencana berdasarkan
dengan proyek dan nomor ID suatu project. Perusahaan juga dapat melacak
inventori, sehingga bisa didapatkan hasil visibilitas jelas antara Penawaran
dan permintaan.
Oracle Demand Management
(Demantra) menghasilkan
prioritas perkiraan dan permintaan untuk Oracle ASCP. Untuk memproduksi perkiraan
dan prioritas Oracle Demand Management
(Demantra) dan ASCP harus pada database yang sama.
ASCP
sepenuhnya di integrasikan dengan modul berikut:
- Oracle materi RUU
- Oracle optimasi persediaan
- Oracle pembelian
- Oracle manajemen Order
- Oracle manajemen persediaan
- Penjadwalan produksi
- Strategi optimasi jaringan
- Proses Manufaktur
Konfigurasi perangkat keras untuk Oracle ASCP
- Implementasi Mesin Tunggal
Sumber dan
tujuan ada pada sistem yg sama. Tidak butuh hardware yg terpisah. Jadi contohnya seperti normal data processing.
- Implementasi dua mesin
Untuk
implementasi relatif lebih besar yang mana data transaksi besar, kita dapat
menggunakan struktur pelaksanaan dua mesin. Dalam jenis arsitektur, data transaksi
yang akan dianggap sebagai sumber akan dibentuk pada contoh terpisah dan
tujuan, mana perencanaan dan rencana pengolahan dilakukan, diinstal pada contoh
terpisah. Implementasi struktur semacam ini sangat ideal untuk implementasi
ukuran besar; akan ada kurang beban pada mesin transaksi serta contoh
perencanaan.
- Implementasi multi mesin
Untuk data
dalam jumlah sangat besar, kita dapat menggunakan mesin terpisah untuk sumber
dan tujuan, dan pada server tujuan kita juga harus memisahkan perencanaan server
dan menyediakan cara untuk meningkatkan efisiensi
dan kinerja program planning server.
Menyiapkan
contoh sumber untuk Oracle Advance menyediakan jaringan perencanaan (ASCP)
Sekarang
kita akan mulai setup dengan mengkonfigurasi sumber contoh. Seperti yang
terlihat pada gambar sebelumnya, pertama kita perlu menambal contoh sumber.
Untuk itu kita perlu membuat tanggung jawab dengan menu SCP_TOP_4.0 yang
melekat padanya.
Penciptaan
Oracle Advanced menyediakan jaringan perencanaan tanggung jawab
Tanggung
jawab yang harus dibuat harus berisi informasi berikut dan spesifikasi. Nama
tanggung jawab harus persis cocok ketika kita menjalankan proses untuk koleksi
pada contoh tujuan, lain koleksi program tidak akan mengambil data dengan
benar.
Pada bagian dari pembahasan ini kita dapat memahami tujuan dari Oracle ASCP. Dapat diketahui bagaimana keadaan permintaan pelanggan dan bagaimana persediaan yang dikelola oleh perusahaan menggunakan sistem Oracle ASCP. Selain itu sudah dijelaskan pula bagaimana cara untuk menyeimbangkan pembelian perusahaan, proses produksi, dan proses penjualan dengan menggunakan Oracle ASCP Suite.Perusahaan juga dapat mengetahui maksud perencanaan mesin, jenis rencana produksi dan pendistribusian dapat dibuat dengan menggunakan Oracle ASCP serta pengelolaan menggunakan Planner Workbench. Pembahasan dalam materi ini juga menginformasikan tentang proses end-to-end Oracle ASCP dan langkah-langkah yg digunakan untuk mengatur Oracle ASCP.
Pada bagian dari pembahasan ini kita dapat memahami tujuan dari Oracle ASCP. Dapat diketahui bagaimana keadaan permintaan pelanggan dan bagaimana persediaan yang dikelola oleh perusahaan menggunakan sistem Oracle ASCP. Selain itu sudah dijelaskan pula bagaimana cara untuk menyeimbangkan pembelian perusahaan, proses produksi, dan proses penjualan dengan menggunakan Oracle ASCP Suite.Perusahaan juga dapat mengetahui maksud perencanaan mesin, jenis rencana produksi dan pendistribusian dapat dibuat dengan menggunakan Oracle ASCP serta pengelolaan menggunakan Planner Workbench. Pembahasan dalam materi ini juga menginformasikan tentang proses end-to-end Oracle ASCP dan langkah-langkah yg digunakan untuk mengatur Oracle ASCP.
Mengenai Ringkasan E-Book Oracle E Business Suite Supply Chain Management, Chapter 3 Oracle Advanced Supply Chain Planning (ASCP) Untuk lebih jelas nya dapat di download pada link berikut ini :
Dropbox ERP (Word & Pdf)
Halo,
BalasHapusArtikel yg bagus. Salam sukses
terima kasih bapak,
BalasHapussalam sukses